Khasiat dan Manfaat Ginkgo Biloba

Khasiat dan Manfaat, Ginkgo Biloba, – Apakah Anda tahu tentang Ginkgo Biloba? Bagaimana sejarahnya, juga khasiat dan manfaatnya yang alami untuk kesehatan tubuh manusia? Temukan jawaban melalui ulasan artikel di bawah ini. Obat alami asam urat untuk kesehatan tubuh, obat alami kolesterol, obat alami radang tenggorokan, obat alami sakit gigi.

Khasiat dan manfaat, Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba telah diekstrak dalam pembuatan makanan dan minuman herbal, kini ekstrak ginkgo juga terdapat dalam sanchi ginseng liquid obat alami untuk mencegah penyakit kanker, diabetes dan HIV Aids. Ginkgo biloba adalah salah satu pohon hidup tertua. Sebuah pohon tunggal dapat hidup selama 1.000 tahun dan bisa tumbuh sampai ketinggian 36 meter.

Apakah yang dimaksud dengan Ekstrak Ginkgo Biloba?

Khasiat dan manfaat, ginkgo biloba, Tumbuhan ini memiliki cabang pendek dengan daun berbentuk kipas dan buah-buahan yang bila dimakan akan menghasilkan bau yang kuat. Daun ginkgo adalah salah satu tumbuhan yang paling ekstensif dipelajari saat ini. Di Eropa dan Amerika Serikat, suplemen ginkgo adalah salah satu obat herbal yang paling laris. Hal ini secara singkat memiliki peringkat yang konsisten sebagai resep obat yang direkomendasikan Perancis dan Jerman.

"khasiat dan manfaat ginkgo biloba"

Ginkgo telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati gangguan peredaran darah dan meningkatkan ingatan. Studi ilmiah selama bertahun-tahun telah menemukan bukti untuk mendukung penggunaan ini. Hal ini juga terlihat sangat menjanjikan dalam hal meningkatkan daya ingatan pada orang usia lanjut . Penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa ginkgo meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tingkat kekentalan darah.

Daun Ginkgo

Daun ginkgo mengandung dua jenis bahan kimia (flavonoid dan terpenoid) dimana diyakini memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan adalah zat yang mengikat radikal bebas (senyawa dalam tubuh yang merusak membran sel, merusak DNA, dan bahkan menyebabkan kematian sel). Radikal bebas terjadi secara alami dalam tubuh dan tumbuh terus menerus sesuai usia kita. Racun-racun yang ada disekitar lingkungan kita (seperti sinar ultraviolet, radiasi, asap rokok, dan polusi udara) juga dapat meningkatkan jumlah radikal bebas.

Radikal bebas diyakini berkontribusi terhadap berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung dan kanker serta penyakit Alzheimer dan merupakan bentuk lain dari demensia(gangguan kognitif dan memory).  Antioksidan yang ditemukan dalam ginkgo dapat membantu menetralkan radikal bebas dan dapat mengurangi atau bahkan membantu mencegah beberapa kerusakan yang ditimbulkan akibat radikal bebas.

Berdasarkan studi yang dilakukan di laboratorium, pada hewan serta manusia, ginkgo dapat digunakan untuk kondisi berikut:

Demensia dan Alzheimer, Ginkgo dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Penelitian menunjukkan bahwa ginkgo bekerja secara langsung untuk melindungi sel-sel saraf yang rusak pada penyakit Alzheimer. Sejumlah penelitian juga telah menemukan bahwa ginkgo memiliki efek positif pada memori dan berpikir pada orang dengan Alzheimer atau demensia vaskular.

Studi klinis menunjukkan bahwa ginkgo dapat memberikan manfaat untuk orang dengan penyakit Alzheimer sebagai berikut :
  • Peningkatan fungsi kognitif (berpikir, belajar, dan menghafal).
  • Peningkatan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Peningkatan dalam perilaku sosial.
  • Pengurangan perasaan akibat depresi.
  • Kualitas kehidupan yang lebih baik.

Klaudikasio intermiten – Karena ginkgo meningkatkan aliran darah, dapat menguntungkan orang-orang  yang memiliki masalah klaudikasio intermiten, yaitu suatu kondisi yang menyakitkan yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke kaki. Bahkan, ginkgo telah terbukti efektif sebagai resep pengobatan dalam menyembuhkan kondisi ini.

Glaukoma – Satu studi kecil menemukan bahwa orang yang memiliki glaukoma bila menggunakan 120 mg ginkgo setiap hari selama 8 minggu memiliki perbaikan dalam visi mereka.

Memory Enhancement – Ginkgo secara luas disebut-sebut sebagai ‘ramuan otak.’  Kemampuan Vasodilatasi (melebarkan diameter pembuluh darah yang terjadi ketika otot-otot di dinding pembuluh darah mengendur /rileks). dan kemampuan pengenceran darah memungkinkan lebih banyak darah yang melintasi penghalang darah yang berada diotak sehingga otak mendapatkan suplai dan gizi yang lebih baik. Ginkgo dapat membantu meningkatkan memori pada orang sehat yang mengalami kehilangan memori normal yang datang seiring usia ( mengalami kepikunan)

Degenerasi makula – sifat antioksidan yang kuat dari flavonoid yang ditemukan dalam ginkgo dapat mencegah atau mengurangi beberapa masalah retina seperti Age Macular degenerasi terkait (ARMD) yang merupakan penyebab nomor satu kebutaan di Amerika Serikat. Beberapa studi menunjukkan bahwa gingko dapat membantu menjaga penglihatan pada mereka denganmengalami ARMD.

Tinnitus – Ginkgo juga telah digunakan untuk mengobati tinnitus (dering, mendesis, atau suara lain di telinga atau kepala ketika tidak ada suara eksternal hadir) yang mungkin disebabkan oleh kerusakan saraf atau gangguan pembuluh darah tertentu.

Lain-lain – Sebuah ekstrak ginkgo standar dilaporkan untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan fungsional (seperti koordinasi, tingkat energi, kekuatan, kinerja mental, mood, dan sensasi) di 22 orang dengan multiple sclerosis (MS).

Demikian ulasan artikel tentang khasiat dan manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan tubuh manusia yang alami, semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang ginkgo biloba, terima kasih.

Baca juga artikel tentang : Obat Herbal Jantung Koroner Ampuh 

TwitterGoogle+FacebookPinterestLinkedInShare

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *